Dokumen yang digunakan sebagai dasar menyusun jurnal penutup adalah Laporan laba rugi dan perubahan modal

Dokumen yang digunakan sebagai dasar menyusun jurnal penutup adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal dokumen yang digunakan sebagai dasar menyusun jurnal penutup adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Dokumen yang digunakan sebagai dasar menyusun jurnal penutup adalah

A. Laporan laba rugi dan perubahan modal

B. Laporan arus kas

C. Catatan dan laporan keuangan

D. Memo dan manajemen

E. Neraca dan catatan laporan keuangan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Dokumen yang digunakan sebagai dasar menyusun jurnal penutup adalah Laporan laba rugi dan perubahan modal (jawaban A)

 

Pembahasan

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan yang memuat modal perusahaan jasa atau manufaktur yang dapat berubah sesuai dengan penambahan atau pengurangan modal dalam satu periode akuntansi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi variansi Laporan Perubahan Modal adalah:

  • Adanya penambahan modal
  • Adanya perubahan keuntungan dan kerugian yang diperoleh perusahaan
  • Mengambil aset perusahaan untuk keperluan pribadi

 

Fungsi kerja laporan perubahan modal adalah sebagai berikut:

  • Merangkum aset pembayaran, investasi dan dana yang diperoleh dalam satu periode akuntansi
  • Menyediakan data perubahan modal kerja

 

Hal-hal yang termasuk dalam laporan perubahan modal adalah:

  • Modal awal yang dimiliki perusahaan
  • Meningkatkan modal pemilik perusahaan dalam satu periode akuntansi
  • Laba atau rugi bersih yang dicapai perusahaan dalam satu periode akuntansi
  • Pengurangan atau penarikan dana perusahaan untuk keperluan pribadi pemilik perusahaan dalam satu periode akuntansi
  • Modal diperoleh pada akhir tahun
Baca Juga:  Rumah tangga konsumen yang menyerahkan faktor produksi berupa kompetensi kewirausahaan/ keahlian/ ketrampilan kepada pihak rumah tangga produsen, akan memperoleh imbalan berupa

 

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang mencakup pendapatan dan pengeluaran yang digunakan oleh perusahaan dalam periode waktu tertentu

Unsur laporan laba rugi terdiri dari:

  • Pendapatan dari penjualan
  • Laba atau rugi kotor
  • Keuntungan atau kerugian bisnis
  • Untung atau rugi sebelum pajak
  • Laba atau rugi bersih

Check Also

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah Mendapat pasar konsumen

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pengujian …