Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal pesaing yang lemah dan akalh bersaing akan mulai keluar dari pasar merupakan ciri dari siklus hidup usaha tahap
Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.
Daftar Isi
Soal
Pesaing yang lemah dan kalah bersaing akan mulai keluar dari pasar merupakan ciri dari siklus hidup usaha tahap
Jawaban
Pesaing yang lemah dan kalah bersaing akan mulai keluar dari pasar merupakan ciri dari siklus hidup usaha tahap Kedewasaan (Maturity)
Pembahasan
Tahapan Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle)
Secara umum siklus hidup produk atau product life cycle memiliki 4 fase yaitu pengenalan (Introduction), Perkembangan (Growth), Kedewasaan (Maturity), Penurunan (Decline).
Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang empat tahapan siklus hidup produk, dan beberapa strategi umum yang digunakan produsen dalam memasarkan produknya berdasarkan tahapan atau fase siklus tersebut.
Tahap Pengenalan (Introduction),
Tahap pengenalan merupakan tahap pertama dalam siklus hidup produk dimana produsen memperkenalkan produk barunya ke pasar atau masyarakat umum.
Tahap Perkembangan (Growth)
Tahap pengembangan (pertumbuhan) adalah tahap dimana produk yang ditawarkan sudah dikenal dan diterima oleh konsumen.
Kedewasaan (Maturity)
Meningkatkan omset penjualan yang mulai melambat, bersaing sengit dan berjuang untuk mendapatkan pangsa pasar dengan para pesaingnya.
- Kapasitas produksi tinggi
- Dapatkan untung besar bagi mereka yang bisa memimpin pasar
- Arus kas akan berada dalam positif yang kuat
- Pesaing yang lemah dan tidak kompetitif akan mulai meninggalkan pasar
- Harga produk mulai turun
Penurunan (Decline)
Pada fase penurunan, penjualan dan keuntungan menurun dan jika strategi yang tepat tidak diterapkan, produk yang ditawarkan dapat hilang dari pasar (pasar).