Artikel ini akan mengulas acuan kompetensi dalam perencanaan pembelajaran paradigma baru yang sedang digerakkan saat ini.
Istilah pembelajaran paradigma baru mengacu pada kurikulum merdeka yang saat ini diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia.
Daftar Isi
Pertanyaan
Apa yang menjadi acuan kompetensi dalam perencanaan pembelajaran paradigma baru?
Jawaban
Acuan kompetensi dalam kurikulum paradigma baru ini adalah pencapaian pemahaman, keterampilan, dan sikap untuk membentuk kompetensi yang utuh pada siswa.
Dalam kurikulum merdeka ini, acuan kompetensi tidak lagi disebut Kompetensi Inti (KI) atau Kompetensi Dasar (KD) pada Kurikulum 2013.
Kompetensi yang ingin dicapai dalam kurikulum paradigma baru ini adalah hasil belajar (CP) dalam suatu kegiatan pembelajaran.
Pembahasan
Proses peningkatan kualitas peserta didik masih dilihat berdasarkan kompetensi atau kemampuannya. Ini berarti mempertahankan salah satu hal baik dalam kurikulum 2013 untuk diterapkan pada paradigma pembelajaran baru atau kurikulum merdeka.
Namun, ada sedikit perbedaan dalam konsep kompetensi ini. Dalam kurikulum 2013 dikenal kompetensi inti dan kompetensi dasar sebagai acuan kompetensi yang harus dicapai siswa.
Kompetensi inti adalah penjabaran isi pembelajaran, mata pelajaran, hingga program studi sehingga memenuhi standar kompetensi sekolah.
Sedangkan kompetensi dasar adalah kemampuan yang harus dicapai siswa sebagai upaya pemenuhan tujuan kompetensi inti.
Sedangkan untuk kurikulum merdeka ini, kompetensi inti dan kompetensi dasar diganti dengan istilah hasil belajar siswa.
Capaian pembelajaran ini meliputi rangkaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dipandang sebagai satu kesatuan untuk membentuk kompetensi yang utuh pada diri siswa.