Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal peran yang dapat dipilih pendidik dalam kaitan dengan atp adalah
Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.
Daftar Isi
Soal
Peran yang dapat dipilih pendidik dalam kaitan dengan atp adalah
A. Merancang sendiri berdasarkan CP
B. Menggunakan contoh yang disediakan pemerintah
C. Mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan
D. Semua benar
Jawaban
Jawaban D. Semua benar
Peran yang dapat dipilih pendidik dalam kaitan dengan atp adalah Merancang sendiri berdasarkan CP, Menggunakan contoh yang disediakan pemerintah, Mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan
Pembahasan
Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan terkait peran yang dapat dipilih pendidik terkait dengan ATP, yaitu;
- Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran yang dilakukan.
- Alur tersebut disusun sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam mengimplementasikan CP di akhir fase.
Dalam menyusun ATP, guru berhak menyusun rangkaian tujuan pembelajaran dengan memperhatikan rangkaian jalur yang telah digunakan.
Dalam hal ini ia membahas tentang set alur yang telah digunakan pemerintah sebagai pedoman dalam menyiapkan alat peraga untuk dijadikan contoh.
Dalam penyusunan ATP juga terdapat beberapa hal penting yang dapat diperhatikan atau dapat dikatakan prinsip penyusunan ATP harus dipenuhi. Beberapa prinsip tersebut adalah:
- Sederhana namun informatif.
- kontekstual dan esensial.
- Anda memiliki 3 aspek kompetensi (pengetahuan, keterampilan dan sikap).
- Fleksibel dan adaptif.
- Merdeka belajar
- Aplikatif dan operasional.
Fungsi utama ATP sebenarnya sama dengan silabus pada kurikulum lama, yaitu sebagai acuan perencanaan pembelajaran. Peran yang dapat dipilih pendidik juga harus memperhatikan beberapa aspek, yaitu konten, kompetensi, dan visual.
Tergantung pada peran yang dipilih oleh guru juga dikenal sebagai hasil belajar juga dapat diterapkan.
Guru juga diperbolehkan menulis CP terlebih dahulu sesuai tahapan seleksi dan kelas yang diajar. Kemudian, guru dapat menuliskan tujuan pembelajaran berdasarkan uraian CP tersebut.
Jadi peran yang dapat dipilih pendidik dalam kaitannya dengan ATP sangat erat kaitannya dengan hasil belajar atau CP.
Sehingga ATP akan tersusun sesuai dengan kemampuan siswa, guru juga akan dimudahkan dalam melaksanakan pembelajaran dan pencapaian CP.