Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali
Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.
Daftar Isi
Soal
Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali
A. ICT Sebagai Substansi Pendidikan,
B. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,
C. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,
D. Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan.
E. Pengembangan bakat dan daya kreativitas siswa
Jawaban
Pengembangan bakat dan daya kreativitas siswa (jawaban E)
Pembahasan
Pengertian ICT
ICT atau Information and communication technologies adalah istilah payung yang mencakup segala hal yang mencakup semua peralatan teknis untuk dapat memproses dan mengirimkan informasi penting.
ICT memiliki dua aspek penting, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi dalam hal ini mencakup banyak hal yang berkaitan dengan operasional, kegunaannya sebagai alat untuk membantu, mengolah dan mengelola informasi yang ada.
Di sisi lain, teknologi komunikasi merupakan berbagai hal yang erat kaitannya dengan penggunaan alat untuk dapat mengolah data dan juga mengirimkannya dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Untuk itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi merupakan satu kesatuan yang utuh.
Untuk itu, teknologi informasi dan komunikasi memiliki arti yang sangat luas, yaitu berbagai aktivitas yang berkaitan dengan manipulasi, pemrosesan, dan transmisi informasi antara media dengan manajemen.
Peran ICT Dalam Bidang Pendidikan
Peran ICT dalam pendidikan sangat besar, sehingga pemerintah secara khusus membagi peran ICT di sekolah-sekolah modern. Berikut adalah beberapa peran ICT.
-
ICT sebagai gudang pengetahuan
Peran pertama ICT adalah sebagai gudang pengetahuan. Artinya, sumber ilmu ICT banyak sekali, baik dari pengetahuan dasar, dalam pembelajaran di sekolah maupun sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran.
Dalam fungsi ini, Internet berperan besar sebagai sumber pengetahuan yang dapat diakses secara luas karena terhubung dengan berbagai perpustakaan digital, jutaan e-book, arICTel, majalah, dan masih banyak lagi.
-
ICT sebagai alat pembelajaran
Peran kedua ICT adalah sebagai alat bantu pembelajaran. Artinya, sistem pembelajaran saat ini lebih mudah dioperasikan dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi.
Tujuannya adalah untuk mempresentasikan dunia di dalam kelas dan mampu mempresentasikannya kepada semua siswa dengan menggunakan berbagai perangkat ICT, seperti multimedia dan berbagai media pendidikan yang diproses oleh komputer, seperti grafik, foto, gambar, poster, layar, dan media grafis lainnya. .
Selain itu, ini termasuk penggunaan video pendidikan, CD interaktif, presentasi multimedia dan e-learning.
-
ICT sebagai sarana pendidikan
Peran ketiga ICT adalah sebagai fasilitas pendidikan. Dalam hal ini, teknologi informasi dan komunikasi digunakan sebagai tujuan yang mampu melengkapi fungsi sekolah sebagai lembaga pendidikan, khususnya berbagai fasilitas yang bernuansa elektronik, seperti laboratorium komputer, bahasa, ruang multimedia, studio rekaman audio, rekaman musik, video. rekaman produksi dan pengeditan, dan banyak lagi. banyak.
-
ICT sebagai standar kompetensi
Peran ICT yang terakhir adalah standar kompetensi siswa. Artinya ICT dijadikan sebagai salah satu pelajaran yang saat ini kita kenal sebagai mata pelajaran ICT. Mata kuliah ini memiliki kriteria kompetensi tertentu.