Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal berikut ini strategi yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional, kecuali
Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.
Daftar Isi
Soal
Berikut ini strategi yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional, kecuali
A. Melakukan survey pasar
B. Melakukan promosi di berbagai media
C. Menghasilkan produk berkualitas tinggi
D. Patokan harga setinggi-tingginya
Jawaban
Berikut ini strategi yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional, kecuali Patokan harga setinggi-tingginya (jawaban D).
Pembahasan
Strategi Pemasaran Internasional
-
Jaminan kualitas produk
Strategi pemasaran internasional pertama adalah memastikan kualitas produk. Sebelum Anda memutuskan untuk memasarkan produk Anda secara internasional ke negara lain, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa produk yang Anda tawarkan ke pasar internasional adalah barang atau jasa dengan kualitas terbaik.
-
Promosi dan iklan melalui media sosial
Strategi pemasaran internasional kedua adalah promosi dan periklanan melalui media sosial. Anda bisa menjadikan pemasaran produk di berbagai media online sebagai salah satu strategi pemasaran yang paling cocok. Anda dapat menggunakan berbagai fitur di Google Ads atau Facebook Ads untuk dapat mengiklankan produk Anda dan menargetkan siapa saja yang melihat iklan Anda secara lebih detail.
Anda dapat memilih kota dan negara tujuan untuk menerima iklan serta profesi dan perilaku setiap orang yang nantinya dapat Anda tunjuk dalam iklan Anda.
-
Melakukan riset bisnis
Strategi pemasaran internasional ketiga adalah melakukan riset bisnis. Riset bisnis memainkan peran yang sangat penting ketika Anda memiliki rencana untuk memasuki pasar internasional. Anda harus memahami siapa target pasar Anda. Jadi, nantinya Anda bisa memahami berbagai kemungkinan dan juga langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk bisnis Anda di masa depan.
Untuk lebih yakin akan hal itu, Anda dapat mempelajari kelayakan berbagai bisnis di negara target Anda. Hal ini dilakukan agar Anda dapat lebih memahami peluang kerja masa depan Anda di negara ini.
Anda bisa melakukan riset bisnis secara online untuk mempelajari pola dan kondisi bisnis lokal di negara tersebut maupun di berbagai negara lainnya.
-
Market Intelligence
Intelijen Pasar mencari pengetahuan tentang pasar yang ingin Anda masuki. Anda dapat melakukan ini dengan melakukan survei pasar. Tujuannya adalah untuk memperoleh berbagai data mengenai kondisi pasar, kesamaan produk di pasar, kualitas produk, harga pesaing, dan berbagai hal lainnya.
Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat mempersiapkan produk Anda secara lebih matang untuk dapat memasuki pasar internasional dan juga bersaing dengan berbagai kompetitor di mancanegara.
-
Manfaatkan media digital
Hal terakhir yang perlu diperhatikan sebelum memasarkan produk Anda secara internasional di dunia teknologi yang berkembang pesat adalah penggunaan media digital.
Selain berpartisipasi dalam pameran khusus untuk bisnis Anda, media digital juga dapat membantu strategi pemasaran internasional Anda, seperti menggunakan situs web.
Dengan website bisnis yang dibuat khusus, akan membantu klien potensial untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai profil perusahaan Anda, jenis bisnis dan juga berbagai produk atau layanan yang ingin Anda tawarkan.