Dimensi-dimensi dalam profil pelajar pancasila dibangun sejak

Dimensi-dimensi dalam profil pelajar pancasila dibangun sejak?

Artikel ini akan memberikan ulasan jawaban soal dimensi-dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila dibangun sejak kapan.

 

Soal tersebut bisa ditemukan pada latihan pemahaman Modul 2 Kurikulum Merdeka yakni pada Pelatihan Mandiri dengan Topik Kurikulum Merdeka.

 

Pembahasan ini diberikan untuk memudahkan bapak ibu guru dalam menyelesaikan soal Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.

 

Soal

Dimensi-dimensi dalam profil pelajar pancasila dibangun sejak…

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Dimensi-dimensi dalam profil pelajar pancasila dibangun sejak fase fondasi yaitu di PAUD hingga lulus SMA/SMK.

 

Pembahasan

Dilansir dari situs resmi Guru Kemdikbud, bahwa pelajar Pancasila adalah wujud dari pelajar Indoensia yang mempunyai kompetensi serta perilaku yang seduai dengan nilai-nilai dalam Pancasila.

 

Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan elemen, antara lain:

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
  • Berkebinaan global
  • Bergotong royong
  • Mandiri
  • Bernalar kritis
  • Kreatif

 

Tahapan perkembangan dalam Profil Pelajar Pancasila dibagi menjadi enam fase, sebagai berikut:

  • Fondasi dengan rentang usia 5-6 tahun di jenjang pendidikan PAUD atau TK.
  • Fase A, rentang usia 6-8 tahun yang duduk di jenjang pendidikan SD umumnya kelas 1-2.
  • Fase B, rentang usia 9-10 tahun yang duduk di jenjang pendidikan SD umumnya kelas 3-4.
  • Fase C, rentang usia 10-12 tahun yang duduk di jenjang pendidikan SD umumnya kelas 5-6.
  • Fase D, rentang usia 13-15 tahun yang duduk di jenjang pendidikan SMP.
  • Fase E, rentang usia 16-18 tahun yang duduk di jenjang pendidikan SMA.

Check Also

Perhatikan pernyataan berikut. menyajikan informasi yang nyata dan terkini mengenai kondisi murid. pemetaan kemampuan yang sudah dibuat tidak dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda

Perhatikan pernyataan berikut. menyajikan informasi yang nyata dan terkini mengenai kondisi murid. pemetaan kemampuan yang sudah dibuat tidak dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda

Artikel ini memuat jawaban soal Perhatikan pernyataan berikut. (1) menyajikan informasi yang nyata dan terkini …